Sunday, May 12, 2019

WASPADA DBD


Lambangsari Waspadai Penyakit DBD
Kenali Virus, Gejala Awal, dan Pencegahannya



LAMBANGSARI;- Seperti tahun-tahun sebelumnya, seiring dengan datangnya musim hujan datanglah berbagai wabah penyakit, salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD).  Akhir-akhir ini penyakit demam berdarah sedang mewabah Terutama di Desa Lambangsari.

Kali ini Kholid (29) Warga Kampung Kubang Laban Positf Terjangkit demam berdarah dengue (DBD). dan dalam perawatan di RSUD Cilegon.





Seiring intensitas hujan yang meningkat di beberapa wilayah terutama di Desa Lambangsari, tak dapat dipungkiri akan memunculkan beberapa penyakit, salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, apabila tidak tertangani dengan baik, DBD dapat menyebabkan kematian. 

Perangkat Desa Lambangsari Solihan menyampaikan, pihaknya telah melakukan penanggulangan terkait kasus DBD ini. "Pada Bulan April  Kemarin Bersama Pihak UPT Puskesmas Bojonegara sudah melakukan tindakan untuk pencegahan DBD dengan melakukan tindakan foging, namun sepertinya jentik-jentik nyamuk terus memproduksi telurnya hingga terus mewabah” ujarnya. (12/05/19)

Adapun upaya yang dilakukan dalam pencegahan tersebut pemerintah Desa terus Berkoordinasi dengan UPT Puskesmas dan Pemerintah setempat, serta mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan kegiatan 3M+. Tindakan 3M+ dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas untuk mengurangi peluang "Plusnya (3M+) menggunakan ikan pemakan jentik. Jadi apabila di dalam rumah ada tanaman berisikan air, nah air itu juga bisa menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk penyebab demam berdarah. Sebaiknya di sana ada ikan pemakan jentik nyamuk," ujar dia.

 

No comments: